Film ::: Yes or No (2010)

Suatu ketika, gw kepancing omongan butchy di sebuah jejaring sosial. dia dengan membanggakan diri telah mempunyai film kebangsaan, film kebanggaan dan film wajib. Penasaran lah gw…. film apakah itu??? JEENG…JEEEENG……..JEEEEEENNGGG!!

Film Thailand….Judulnya “YES or NO”

Bagus. Terima kasih anak muda. lu sudah memberikan gw kajian tambahan tentang khasanah hidup relik drama yang mengharu biru… begitu kan pastinya jatuhnya tuh film…. kalo gak drama pasti yang sampe bikin mewek-mewek…

Yap..yap…yap!!!! Ternyata Drama komedi romantis. Malahan menurrut gw sih, banyak dramanya… Kita kebagian hal-hal konyol hanya di awal-awal cerita. perkenalan si tokoh utama yang bernama Pai (Aom Sucharat Manaying) dengan roomate-nya yang tomboy Kim (Supanart Jittaleela) sangat begitu menggelikan. Sikap Kim yang cuek habis dan bener-bener laki banget, malah membuat Pai merasa tidak nyaman. Sampai-sampai ada ide untuk menggaris duakan ruangan yang mereka huni. tentunya porsi Pai lebih leluasa, bagaimanapun juga dia satu angkatan diatas Kim. yang notabene anak baru yang memang mengambil jurusan pertanian.

Dari permulaan yang konyol, akhirnya timbul banyak peristiwa yang membuat keduanya saling bisa memahami, tepatnya sih, membuat Pai bisa mengerti, seperti apakah Kim sebenarnya. Namun karena sifat Kim yang memang pada dasarnya penyayang (malah ternyata si Kim ini blak-blakan soal orientasi seksualnya yang Lesbian), maka tak susah baginya untuk mendapat respon dari semua teman-temannya. tersebutlah ada salah satu teman Pai yang naksir sama Kim. cewek yang satu itu langsung tegoda-gila dengan ke-wise-an Kim. dan terjadilah, Kim menjadi pujaan. dan ha ha haaa….

Well cerita di film ini sebenarnya gak begitu bagus. dari awal, gw sudah gak begitu mak-klik dengan akting si pemeran Pai. Sangat-sangat kurang lepas. berbeda dengan lawan mainnya yang memerankan Kim. sangat begitu Natural. Memang sih, usut punya usut, si pemeran Kim, Supanart (Tina) Jittaleela disini memang dikabarkan seorang Butchy asli. Jadi gak heran juga sih, kalo aktingnya bisa pas dan tampak tidak dibuat-buat.

malah ada penampilan salah satu figuran yang sebenarnya Annoying tapi memorable… gw gak tau siapa namanya yang jelas, ada karakter cewek Nerd. Spooky gloomy angker gitu. Gak banyak omong tapi sudah menyiratkan banyak omongan di wajahnya. secara, wajahnya juga khas thailand banget…. jadi eksotik gotik gitu deh….

untuk keseluruhan cerita, bisa dibilang, film ini sangat jujur dan tidak ada guru di dalam film ini. tak ada pembenaran dan tak ada kesalahan. yang tampak hanyalah cerminan. Bahwa siapapun bisa saja berada di dlam posisi Kim. Tak menutup kemungkinan pun kita berada di dalam posisi Pai.

Kalau pada akhirnya Kim dan Pai jadian (menjawab dari pertanyaan yang menjadi judul film ini) tentunya film ini sudah terjawab, tanpa perlu lagi kita bertanya , akan di bawa kemana arah cerita film ini…. Banyak pembelajaran dan pembelajaran. dari segala sudut. Bagaimana kita bisa belajar, bahwa untuk bisa menghargai perbedaan. Menerima keragaman. bahwa tak semua yang seragam itu baik. justru yang tak seragam malah jatuhnya bagus. Kalau lebih bagus, kenapa dibikin hanya baik saja…?

Well, akhirnya ini film saya rekomendasikan buat para Lesbian-lesbian Indonesia yang mendambakan film ringan tapi mendalam kesannya. semoga harapan dan cita-cita berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Bermaksud SPOILER, bahwa film ini sudah mengikuti aturan yang sudah baku. Yaitu tidak “mematikan” tokoh utama. Sampai detik ini, gw masih salut tiada habis dengan perfilman Thailand. semoga akan hadir lagi film yang lebih excited…. Terlebih kalau itu made in Indonesia…

Review : dari 5 Bintang, gw kasih 3

Jakarta, 10 September 2011

~ by Imamie on September 10, 2011.

12 Responses to “Film ::: Yes or No (2010)”

  1. gan, tokoh yg tomboy di perankan oleh Tina Jittaleela, bukan yg agan sebut d atas… cuma mo revisi dikit…^_^

  2. Siiipp….. thanks ya atas ralatnya…. 🙂

  3. bener kok supanart jitaleela🙂

  4. bagus cerita.a,dn drama.a jga seru bngt

  5. gue suka bgt sama nih film, haha gak bosen” nontonnya😀

  6. : keren banget🙂 :*
    by izmie.sweety@yahoo.co.id

  7. kalo yang figurannya sapa gann,, yang suka sama si kim nya,, gw lebih suka sama dia gann,, ketimbang sama si pie nya

    • Kalo gak salah namanya… Arisara Thongborisut coba di searching di google… bener apa gak… 🙂

  8. ƍ̅ώ̲ tunggu yes or no ke 3’Y

  9. waaaawww kereeeen

  10. wawwwww

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: