Film ::: Tomboy (2011)

Dunia anak-anak adalah dunia yang penuh warna dan sekaligus tanda tanya. Hal-hal baru yang sangat membuat kita “kepo”. Apa ini? apa itu? Maunya kepingin tau. Namun hal itu akan menjadi berubah jika seorang anak mengalami yang namanya krisis identitas. Terlebih identitas Gender. Mungkin seorang hetero tidak akan terbayang betapa sulitnya menjadi pribadi yang “berbeda” secara gender dari biasanya. (Fakta menyebalkan, Hetero mendominasi dan merasa mayoritas ketimbang gender yang lain).

Terkisah sebuah cerita seorang anak kecil (10) berjenis kelamin perempuan namun merasa dirinya adalah seorang bocah laki-laki. Orang tuanya memberi nama dia Laurie (Zoé Héran). Tetapi dia sendiri kurang nyaman dengan nama itu. Terlalu feminin baginya. Potongan rambut cepak dan benci menggunakan gaun cewek. cukup celana pendek dan T-Shirt. Gayanya pun malah “laki” banget. Ya. Laurie adalah Bocah lelaki yang terjebak di tubuh perempuan.

Kebetulan, sedang libur sekolah dan mereka sekeluarga baru saja pindah rumah. Alhasil, Laurie merasa kesepian dan hanya ditemani adiknya yang menggemaskan, Jeanne (Malonn Lévana). Sebenarnya hubungan Jeanne dengan Laurie sangat dekat, bahkan sang adik sangat mencintai Laurie dengan pribadi ke-tomboy-an sang kakak. Jeanne berpendapat, bahwa Laurie sangat bisa diandalkan dan sangat “mengayomi.”

Hingga suatu ketika, Laurie memasuki dan mulai bergaul dengan anak-anak se-rusun. Dengan spontanitas, Laurie memperkenalkan diri kepada para teman barunya dengan nama “MICHAEL” Yupe, Laurie is Michael. Michael pun diterima dengan baik oleh semua teman barunya. permainan demi permainan pun telah dilalui Michael dengan lancar. Ini semua tentu saja berkat peran Lisa, Lisa membantu Michael untuk bisa diterima dilingkungan barunya.

Bagaimanapun juga banyak sekali tantangan Michael agar tampak “lelaki” di mata teman-temannya. Dia terpaksa harus buka baju, saat bermain bola, pipis sembunyi-sembunyi, dan terpaksa membuat “penis” buatan dari clay agar acara renang bersama teman-temannya berjalan dengan sempurna.

Namun sebuah kejadian yang tak pernah diduga Michael sebelumnya, pada akhirnya membawa dia kepada masalah utama. Serapi apapun rencana yang dia buat bersama sang adik, tetap saja ada hal di luar kuasanya, sepintar apapun adiknya menutupi masalah kakaknya dari ibunya, pasti akan ada pertanyaan muncul, SIAPA MICHAEL?

Sebuah drama film anak yang sangat sensitif mengangkat isu “tomboy” dan bisa mengarah ke yang lebih berat. isu Lesbian. Tetapi, sang sutradara Céline Sciamma yang juga menulis cerita ini mencoba bertutur dari sudut pandang anak-anak. Sehingga kesan “berat” pun terasa ringan dan nyaris tidak ada. Kita hanya disuguhi pada konflik yang biasa dihadapi anak-anak pada umumnya. Dan keahlian sang sutradara merubah hal yang tidak umum dari seorang gadis tomboy menjadi nikmat untuk ditonton hingga film berakhir. Peran yang dimainkan oleh Zoe Heran, benar-benar meyakinkan sebagai gadis tomboy. Bisa jadi karena si Zoe ini ada bibit tomboy. Betapa tidak, wajah sendu kelam khas cewek tomboy bisa dia dapatkan dengan sempurna. Suaranya yang tidak menyiratkan seorang cewek, cara berjalan dan well, kalaupun si Zoe ini bukan tomboy beneran, setidaknya akting yang dia bawakan sangat Sempurna…

Dan tidak melupakan akting sang adik yang sempat mencuri perhatian saya, kepolosan dan keluguan yang dibalut dengan kecerdasannya membuat dia seolah-olah menjadi benang merah di film ini. Betapa ketika dia berhasil membuat skenario yang awalnya sempat membuat Laurie (upss…Michael) Shock. terhitung juga para penampil extras yang lainnya. teman-teman permainan Michael juga begitu natural. Bukan tampilan yang terlihat dibuat-buat. Kita akan digiring pada sebuah tontonan nyata. Seperti yang ada disekitar kita.

Ketika seorang anak kecil dipaksakan untuk berpikir dewasa. How to cheat, how to strong, how to survive, how to shield, how to fight and the other how…. Maka pada saat itu juga sang anak akan terpaksa berpikir, HOW TO DIE…..

Sekarang tinggal menunggu waktu, Kapan ada film yang berjudul SISSY, I mean, The opposite of TOMBOY….

 

Rate: 4/5

~ by Imamie on February 4, 2012.

2 Responses to “Film ::: Tomboy (2011)”

  1. Wow! Jadi ingin film ini, deh! Thank’s ya atas postingannya, جــزاكم الله…! GBY.

  2. bsa ngasih link buat nontn ngk? dvd nya ngk ada.. padahal pengen nontn banget..

    Thanks.. infonya menarik! laure eh michael ganteng!!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: