Film ::: Oblivion (2013)

oblivion_tom_cruise_posterTerakhir kali melihat aksi Tom Cruise di bioskop, saat gue nonton film Mission Imposible 4, secara gue penasaran sama penyutradaraan Brad Bird. Sutradara film animasi Incredible yang lumayan keren menurut gue. Namun kali ini, Brad Bird tidak menyutradarai film Tom Cruise yang terbaru, Oblivion. Sebuah nama asing, yang baru gue kenal. Sedikit berbau Russian. Joseph Kosinski (bener gak sih kalo nama ginian itu Russian?).

Oblivion-Movie-Review-2013Langsung kita di bawa ke tahun 2077, dimana seorang astronot bernama Jack Harper (Tom Cruise) menarasikan kondisi bumi. Jangan pernah menanyakan keadaan bulan, Bulan sudah tidak berbentuk bulat tak sempurna, visualisasi pecahan puing-puing bulan yang “remuk” tergambarkan dengan sempurna. Dikisahkan, bulan hancur akibat peperangan antara yang baik dan yang jahat. Dan kebaikan itu dimenangkan oleh TET, sebuah bahtera mesin raksasa yang pada akhirnya menguasai segala hal yang tersisa di bumi.

Betul banget, bumi jangan digambarkan sebagai planet yang “masih” indah. Bumi sudah tidak ada rupa. Hancur karena efek dari hancurnya bulan itu sendiri. Tsunami dan gempa menjadi sarana penghancur bumi yang paling efektif. Sudah tidak ada lagi tanda-tanda kehidupan. Diceritakan, semua manusia sudah bermigrasi ke TET, sehingga bumi hanya menyisakan mahluk hidup yang sudah tidak berguna.

Oblivion starring Tom CruiseSambil menunggu kehancuran bumi, Jack Harper bertugas mengawasi robot-robot yang melakukan pemindahan energi dari bumi ke anjungan kapal yang menyimpan energi, yang nantinya akan dibawa ke Titan (baca : TET). Bagaimanapun juga TET butuh energi yang cukup untuk bisa bertahan di luar angkasa. Karena perlu diketahui posisi keberadaan TET adalah di luar angkasa.

Sudaah! Sepanjang film berikutnya, adalah isinya Tom Cruise semua. Gue ngantuk! Gue betah-betahin melek, gak taunya ceritanya malah melintir. Hmmm!

Sengaja penulis cerita mengaburkan sosok yang disebut-sebut sebagai “pemakan daging” di film ini. Awalnya, keberadaan mereka dibikin gak jelas. Antara apakah mereka itu Alien ataukah “suku” di bumi yang masih melakukan pemberontakan. Dari awal, penonton sudah digiring, bahwa sekumpulan sang pemakan bangkai adalah penjahatnya. Otomatis dari awal kita pasti digiring untuk mematuhi bahwa si Jack ini adalah lakon utamanya. BTW, gue males banget deh, kenapa tokoh utamanya namanya Jack, masih kemaren gue nonton film, tokoh utamanya juga Jack, malah jadi judul pulak! Gak penting, lewaat!

oblivion-movie-7Jack harper mempunyai seorang partner yang digambarkan sebagai pasangan se”tower” jack yang bernama Vika/Victoria (Andrea Riseborough). Pekerjaan Vika sebagai pengawas, mengawasi/melindungi Jack yang terjun ke lapangan untuk melakukan perbaikan-perbaikan apabila ada robot yang rusak. Mengganti spare part yang sudah mulai rusak. Mereka mengisi waktu hanya berdua. Tidak ada semanusia pun yang menghiasi layar bioskop. Kecuali mereka. Ada pun itu cuman nongol di monitor. Sally (Melissa Leo). Tukang monitor penghubung tower dengan TET.

Intinya antara sadar dan tidak, gue masih setengah gak rela, kenapa tadi gue milih nonton film ini. Antara kepincut sama berondong tua (sumpah gue gak nyadar kalo Tom Cruise itu udah tuwir) yang gue salut karena body-nya masih kece atau gue emang udah kangen sama dia berlaga-laga ria jadi bad “boy” untuk yang kesekian kalinya. Tetep ajah ya, ujung-ujungnya si duda keren juga…

Jadinya spoiler buat yang gak suka sama Tom Cruise. Secara gue masih jadi penggemar berat dia sejak dia maen di film Jerry Macguire.

Oblivion_30Tapi pada akhirnya, kantuk gue beserta iler-ilernya sirna tatkala sosok morgan freeman nongol dengan kostum yang konyol bin norak. Dalam ati gue, tuntutan peran atau emang kostum desainer-nya emang udah kehabisan ide. Atau atas dasar riset yang terlalu meyakinkan sehingga penampilan mbah morgan jadi sangat eksentrik. Gue jadi pengen pinjem kacamatanya. So vintage!

Tema kloning, yang pada akhirnya muncul di setengah akhir cerita, sudah mulai gue rasa akan menjadi begini dan begitu. Dan itu terbukti. Terlebih twist yang sangat-sangat sudah bisa tercium di pertengahan cerita,  pada akhirnya menjadi puzzle yang tinggal disusun di akhir cerita.

Tapi gue jujur sebenarnya terobati juga setelah sekian lama tidak melihat aksi si om Cruise ini. Apalagi pas ngeliat wajahnya yang terlalu khas kalo lagi kotor (bawaannya pengen nge-rendem dia ke adonan rinso anti noda) jadi gemes pengen ngusap pake tisu basah ajah! (di paragraf ini gue mulai gak jelas arahnya kemana)

Oblivion-Movie-2013Penampilan Olga Kurylenko juga pas sebagai Julia, perempuan yang didaulat untuk membuat orang bingung (baca: penonton). Perempuan gak jelas. Beruntung di akhir cerita, ini cewek dijelaskan asal muasal dan eksistensinya.

Sebenarnya suka tidak suka, gue bisa memaksakan untuk suka dengan alur cerita film ini. Epic tapi tak epic. Film ini megah, kebantu sama scoring music-nya. Lagunya juga keren. Antariksa banget, kadang gue merasa seperti dicolek orang-orang Tron juga sih. Cuman gue bisa maklum.

Tuh kan gue semakin ngelantur gak jelas. Ya karena filmnya emang gitu. Film ini gawat kalo ditonton di jam-jam yang gak tepat. Saat nonton film ini pertimbangkan kondisi badan dan kejiwaan harus tetap fit. Terutamanya bebas dari rasa kantuk, kalo perlu bawa alat kejut atau pacu jantung bila sewaktu-waktu kantuk melanda. Kalau bisa, usahakan jangan nonton sendirian. Ada scene-scene pengirian yang bikin lo menggeliat tak sopan. Kalo kekeh sendirian, emang nasib lo jomblo!

OBLIVION-Movie-TrailerKesimpulannya, ini adalah film Tom Cruise yang sepengetahuan gue masih nyentil sedikit-sedikit dengan kepercayaan yang dia anut. Keimanan dia terhadap ilmu pegetahuan. Tapi jangan takut, bagi anda yang masih percaya Tuhan, di film ini, seorang kloningan pun masih sempat menyebut “Oh my God” saat dia merasa takjub. Jadi sehebat apapun itu kedahsyatan mesin yang notabene ciptaan human (yang akhirnya di film ini, malah bisa menciptakan kehidupan organik, not unhuman) mesin tetaplah mesin. Ingat, ini bukan film matrix. jadi, kalau hanya merasa bosan di rumah dan pengen melihat aksi om cruise berjibaku sok mudaan 30an, ya udah, silahkan ajak perewangan…. Karena akan ada moment lo menyenggol orang sebelah lo, gue jamin itu!!!

Intinya gue suka scoring music film ini (pengulangan)…. Untuk jajaran cast-nya overall gak ada yang aneh, paling cuman gue yang aneh…. Oia, kira-kira Tante Melissa Leo dibayar berapa ya cuman nongol di layar monitor doang? Semoga gak dibayar nasi bungkus sama gelas aqua! Antara kecewa dan tidak, gue milih gak kecewa. Karena kekangenan gue sama si om Cruise sedikit terobatmerahkan…..

#catetan: film ini bagus kalo lo nontonnya gak NGANTUK!!!!

IMG-20130411-02325

Duration:  126 min.

Action | Adventure | Sci-Fi

Directed By: Joseph Kosinski

Written By: Joseph Kosinski (screenplay), Karl Gajdusek

~ by Imamie on April 11, 2013.

4 Responses to “Film ::: Oblivion (2013)”

  1. wah mam, mending liak film tom cruise yang main bareng ama mantannya…. kayak film kalau nggak salah judulnya “eyes wide shut” atau kalau yang menarik bagi ku sih “The Color of Money” FILM LAWASSSSS

  2. iku lak Jerry Maguire. duduk mam.

    • Iyo ko… trus yang dia cuman pake kemeja putih sama sempak dan nyanyi sambil masih pake kaos kaki itu film apa yaaa???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: