Akibat terlalu kecimpringan

Beberapa hari yang lalu, temen gue nanyain, “Mam! lo kok udah gak eksis lagi, biasa-nya lo kan suka foto gila-gilaan?!” Sambil males tapi tetep ugal-ugalan, gue hanya merespon dengan nada standar. “Gak mood gue! gak tau kenapa bisa gitu!”

Bicara berfoto ugal-ugalan, gue jadi inget fase saat gue masih gila-gilanya berfoto gila. Gak gila juga sih. mungkin hanya di luar dari kebiasaan. Dulu. Kalau sekarang sih, yang di luar kebiasaan sudah menjadi kebiasaan. Jadi ya gitu deh.

Tapi sebenarnya ada yang bikin males juga sih. Ketika foto hasil kita bergegilaan ternyata dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. Entah itu nantinya foto kita dijadiin bahan latihan potosop, atau malah bahan becandaan dengan ditambah-kurangi dengan efek-efek yang tersedia banyak software aplikasi gretongan (baca : gratisan).

gue ada cerita sih, simak ya…

pernah gue berfoto gila-gilaan… ya gak gila sih sebenarnya, karena orang gila pun gak bakal ngelakuin apa yang gue lakuin. jadi gue berfoto ala-ala andro- dan hasilnya lucu menurut gue. dan foto itu gue ambil tanggal 30 Juni 2009 pagi di Gresik.

Picture 078aaa

Dan bertahun-tahun gue simpan di harddisk komputer, hingga tanggal 8 Maret 2012, gue memosting foto diatas di blog ini. https://imamocean.wordpress.com/2012/03/08/3-years-ago/ bayangan gue sih, gak ada ekspektasi apa-apa, cuman nunjukin ajah, bahwa dulu gue pernah berfoto kayak gitu. dan well, gue move on! (berasa habis diputusin pacar)… tetapi foto yang gue posting sebenarnya lebih ke foto yang udah gue olah pake pancisop alias potosop.

picture-078

Tentunya berbeda toh, dengan foto aslinya…. yang ini hasil editan….. setidaknya, gue punya versi aslinya dengan pixel yang guede…Jadi gue gak kuatir kalo ada apa-apa di kemudian hari.

Dan lucunya, sangat lucu ketimbang foto gue sendiri, mendadak gue nemu foto gue di”pake” sama pihak yang gue bingung nyebutnya apa. Muncul di situs ini –> http://puisi-esai.com/2012/03/26/cinta-terlarang-batman-dan-robin/ sebagai gambar ilustrasi yang KAYAKnya udah diolah sedemikian rupa menjadi seolah-olah sketsa. Dan ponakan gue yang masih belajar merangkak ajah tau kalo sketsa foto jadi-jadian itu adalah Om-nya. Tanggal postingan puisi itu seperti terlihat pada gambar dibawah:

2

Untitled-1

Gue jadi sedikit mikir, kok ternyata foto gue yang absurd bisa di”pake” sebagai gambar ilustrasi dari sebuah kumpulan Puisi Esai seorang Denny JA? Apa gak salah? Sempat gue merasa bangga. hanya 5 menit sih, selanjutnya gue mikir, “hmmm, gue emang kece…dan kekecean gue sebanding dengan foto-foto bokep yang orang-orang boleh download.”

Yaaaa apa boleh buat, siapa gue, artis juga bukan…. bintang bokep apalagi, gak ada hak untuk mencak-mencak, ada yang bilang, salah sendiri masang foto di blog, blog kan udah menjadi konsumsi publik. Terus, kalo udah menjadi konsumsi publik, kita hanya ya iyo aja mendiamkan orang-orang menggunakan foto kita gak pake izin? Ini foto yang bukan sembarang foto soalnya, Ini foto gila-gilaan gue, yang nyatanya kalo jatuh ke oknum yang tidak bertanggung jawab, gue bisa beneran gila (gak gitu juga sih)… Tapi maksud gue, namanya orang Indonesia, mbok ya punya Unggah-ungguh tata krama dalam mengunduh foto gila gue. Apalagi ternyata sketsa foto gue dikomersilkan. Ckckckckkk….. foto gue ternyata punya nilai jual!!! *jadi semangat deh!!

Tapi semuanya balik lagi ke awal. Ini adalah konseksuensi dari seseorang yang emang nakal dalam berekspresi. Bukan gue yang bilang kalo gue nakal, gue hanya boring hidup normal. Itu saja… mungkin ini semua udah usang kalo diungkit-ungkit, tapi sesuatu yang usang kadang bisa menjadi product “vintage” yang sangat berharga!!!

Btw, ini bukan black campaign atas gerakan Denny JA., gue bisa jamin itu. Malah gue bisa bilang, ada yang kecolongan!!! Dan gue bisa jamin, foto-foto Denny JA. tidak gue jadiin ilustrasi buat buku gue…! Percayalah!!! Karena menjadi Inspiratif tapi gak kreatif itu sangat gak keren!!!

Jakarta, 12 April 2013

~ by Imamie on April 12, 2013.

Leave a Reply

 
