Film ::: Pacific Rim (2013)

Gila!!!!

Kali ini dahaga gue terpuaskan setelah sekian beberapa tahun menggemari bioskop 3D. Betapa tidak, posisi film dengan predikat 3D yang paling keren versi gue, AVATAR (2009) akhirnya ada yang sedikit mencolek. Yup, Pacific Rim berhasil membuat gue tersenyum puas banget.

245941id1b_PacRim_1sided_120x180_2p_400.inddAwal kali beredar informasi bahwa Guilermo Del Toro bakal menghandle project film ini, gue sempat mikir, sebenarnya ini film apaan? Walo sekilas udah kebayang, bahwa film ini bakal larinya ke Tribute to KAIJU (monster raksasa yang biasa kebagian peran menjadi makhluk antagonis di budaya fim-film jepang). Sebelas dua belas dengan film Ultraman, namun kali ini bukan kekuatan super maha dahsyat yang dimiliki tokoh sentralnya, melainkan kemampuannya untuk berbagi “otak” dengan sesama partner pawang “Jaeger”.

Apa itu Jaeger?

Dulu… Pas gue masih sering ingusan dulu, sempat ada imajinasi mini dimana kita sebagai anak-anak adalah seonggok robot yang harus berperang melawan musuh. Terlepas sebenarnya dulu semuanya gak ada yang mau menjadi musuh, maunya semua menjadi lakon utama. Seakan-akan berada di lambung robot, dan mengendalikan robot dengan penuh semangat. Indahnya khayalan masa kecil. #plak sadar hoey!!!

01Tak beda dengan imajinasi masa kecil, Jaeger dikendalikan oleh dua orang awak robot yang berada di posisi “kepala” robot. Dengan pengoperasian kinerja robot yang menghubungkan sistem syaraf memori dari gabungan kedua awak yang dikombinasi untuk diteruskan ke sistem memori Jaeger tersebut. Sehingga cukup dengan menggerakkan anggota badan, sudah bisa menggerakkan anggota badan Jaeger. Let’s fight!!

Well intinya, Pacific Rim tidak ada hubungannya dengan kasus bermasalahnya (RIM) Blackberry tempo hari. Ini semua murni ketidak sengajaan.

Ketika dunia sudah dalam keadaan genting, karena Kaiju muncul dari dasar laut, halauan demi halauan untuk menyerang Kaiju tidak kunjung selesai. Hingga pada akhirnya diputuskan sebuah cara jitu yaitu dengan memutus “jembatan” yang menghubungkan dunia Kaiju dengan dunia “atas”.

08Dan finally, model film kayak gini yang emang gue tunggu. Tak perlu mencermati dengan segala macam detail-detail. Walau sebenarnya film ini sendiri menampilkan “detail” yang begitu nyata. Salut untuk tim film ini. Betapa imajinasi “creatures” ala Guilermo ini begitu fantastis. Kesalutan ini timbul semenjak dia menyutradari film Hellboy (2004), kemudian menyusul Pan’s Labyrinth (2006). Makhluk-makhluk unhuman-nya benar-benar eksotik. Bikin ngiri!

Balik lagi ke Rim(ming)….

Jajaran pemainnya sebagian gue ngeh, sebagian gue wow. Pertama, Idris Elba (Prometheus, Thor), Rinko Kikuchi (Norwegian Wood, Babel) dan ada si anak kesayangan Del Toro, Ron Pearlman (Hellboy). Dan yang bikin gue wow adalah pemeran Raleigh Becket, Yaitu Charlie Hunnam.

07Zaap…zaaaap…zaaaaaap….. Memory gue langsung terhubung ke masa lalu dengan Charlie…Tahun 1999-2000 ada sebuah serial tv-inggris yang menayangkan drama queer(LGBT-Lesbian Gay Biseks Transjender) berjudul QUEER AS FOLK. Dan benar sekali, Charlie Hunnam menjadi tokoh sentral gay di film tersebut. Dan yang lebih mengejutkan, Bentuk badannya tidak seperti yang sekarang. Jauh dari bayangan. Penting gak penting sih, yang jelas dia bakal nge-hieetzz.

Nama besar Guilermo Del Toro dipertaruhkan. Dan hasilnya…#awesome. Sejatinya Guilermo sudah membawa gue ke masa-masa dimana gue bergumul ria dengan monster, Robot Raksasa, Perang kepahlawanan, Hingga perang kosmik (yang dulu biasa disebut tembakan laser).

17Melihat Akting Idris Elba, mengingatkan gue pada sosok Laurence Fishburne sebagai Morpheus Dalam Trilogi The Matrix. Dan yes, Pacific Rim tak ubahnya versi popcorn dari film The Matrix yang bisa disaksikan tanpa perlu berbagi otak untuk bisa mencerna filosofi yang ada dalam film ini (baca: Pacific Rim).

11

10

12

03

18

4/5 stars

Foto diambil dari berbagai sumber.http://www.pacificrimmovie.net/gallery/

Setia Budi-20130714-03595

~ by Imamie on July 14, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: