Film ::: Gravity (2013)

Gila aja, entah gue musti mulai dari mana…

01You know what? Sehabis gue masang status di BB, yang bilang bahwa film Gravity awesome… mendadak banyak komentar yang rada-rada nyakitin kuping. Padahal gue bukan filmakernya, cuman kenapa bisa sakit ati ya.. well!!!

Ya begitu lah gue. Kadang bisa sakit ati se-ati-atinya bila denger ato baca komentar-komentar yang menyudutkan sebuah film yang menurut gue layak untuk disukai (oleh gue tentunya). Konteks bagus dan tidak bagus (jelek) kayaknya terlalu nista untuk disandangkan ke sebuah film. Bukannya membela, tapi please dong! Lihat kebelakang sebentar, bikin film gak gampang (walo ada juga sih orang-orang yang menggampangkan bikin film). Mereka ini adalah orang-orang yang membuat film dengan passion. Dengan hati. Tentunya juga dengan “uang”.

Huft! Beneran, bikin film itu gak gampang. Banyak step-step yang musti dilalui. Apalagi di bagian “cerita”. Penggodokan naskah yang pastinya diobrak-abrik dengan mempertimbangkan banyak hal. Dari sisi idealis, komersil hingga estetika film itu sendiri. Mungkin itulah, tak jarang di Hollywood sering kali sang sutradara merangkap producer demi mempertahankan keutuhan cerita yang bakal difilmkannya. Selain ngumpulin duit juga sih…

Back to Gravity…

10Sandra Bullock kali ini bukan sebagai polisi yang nyamar jadi peserta miss-missan, dan juga bukan sebagai Ibu-ibu yang tough (yang akhirnya membawa dia pada piala oscar di filmnya, The Blind Side (2009)). Dia adalah medical astronot yang sedang bertugas di satelit luar angkasa. Dengan didampingi Matt Kowalski (George Clooney), Ryan Stone (Sandra Bullock) memperbaiki beberapa komponen satelit yang rusak.

Dan permasalahan timbul saat ada rongsokan satelit lain yang melintas dan menghantam satelit yang sedang diperbaiki Ryan dkk. Tak ayal kehancuran menimpa mereka. Menyeramkan deh pokoknya…

Selesai film, gue hanya bisa geleng-geleng kepala, standing ovation dalam hati… dan memeluk Sandra Bullock, George Clooney serta Alfonso Cuaron. Kemudian berucap, “makasih yaa! Kalian emang the best”. Dan gue membuka mata, iringan scoring credit title ,masih berat untuk ditinggalin begitu saja. Terngiang hingga radius 1 km dari tempat nonton berada.

11Gak nyalahin mereka yang bilang film ini jelek. Cuman dalam hati hanya bisa bilang,”selera film mereka payah!” Sandra Bullock kembali lagi bermain manis di film yang hampir semua settingnya mengambil lokasi angkasa ruang hampa udara. Dengan pemandangan bumi yang terlihat megah, terlihat sekali betapa Sandra Bullock menjadi orang yang paling beruntung dan juga sekaligus tidak beruntung. Beruntung karena bisa menyaksikan indahnya bumi dari luar angkasa, tidak beruntungnya, sewaktu-waktu nyawa-nya bisa menjadi taruhan dalam hidup. Namun sekali lagi, pengalaman Ryan tidak dimiliki oleh sebagian besar seluruh penduduk bumi. Hanya segelintir orang yang punya kesempatan ke luar angkasa seperti Ryan.

Banyak yang bilang film Gravity, film yang membosankan (Indonesian viewers), itu yang sangat bikin gue heran. Bosan dari mananya coba? Sumpah statement itu yang dari sampe sekarang masih bikin gue gak bisa terima. Ujung-ujungnya gue hanya bisa mengelus dada… namanya juga SELERA orang, pastinya beda-beda.

Satu kata untuk film Gravity….. AWESOME ….. (titik)

GRAVITYTak ada opening credit yang muncul, cuman judul film di awal-awal…. dan bla-bla-blaa…. Icon warner bros-nya juga Hieetss!!! terus ada salah satu quote dari Matt Kowalsky – “I know I’m devastatingly good looking but you gotta stop staring at me.”

Ada yang bilang Gravity adalah film astronot yang cuman jalan-jalan di angkasa, ada yang bilang film jelek, ada yang bilang filmnya gak ada greget, ada juga yang bilang filmnya aneh dan masih banyak lagi yang lain. Saat gue tau background mereka yang ngasih koment ternyata… begitu, ya udah, maklum juga akhirnya…

Secara film Gravity bagi gue adalah maha karya, setelah Avatar (2009). Mungkin banyak penonton awam yang tidak sadar, bahwa mulai menit pertama, film diambil dengan teknik long tracking shoot dan bagi gue udah pembuktian kalo film ini amaze banget…

08

05

04

07

02

Ini bukan review sih…. ini semua hanyalah bentuk kekaguman gue atas hasil yang telah dicapai oleh Alfonso Quaron, sang sutradara. FYI, film ini sangat bermanfaat banget bagi gue yang suka dengan tema luar angkasa, tapi phobia terhadap ketinggian… lumayan horror bagi gue…. but actually i love it…

Thanks and Goodluck!

IMG-20131008-04448

~ by Imamie on October 9, 2013.

2 Responses to “Film ::: Gravity (2013)”

  1. sandra bullock yang two weeks notice mam. kalau yang gravity belum liak. tapi asline gara gara hugh grant sih jadi manis film itu.

    • Sandra Bullock yg while youre sleeping, blind side, sama , loud extreme apa gitu yg tentang 9/11 itu gue juga suka..

Leave a Reply

 
