Rahasia

I LOVE YOU MOM… kalimat tersebut yang pantas untuk mengawali tulisan gue kali inI……..

Ada apa dengan gue? Mendadak ai lov yu mom… Bukan apa-apa. Tak ada faktor khusus. Hanya karena teringat akan banyak hal yang punya korelasi dengan andil beliau. Apalah siapa gue ini diartikan untuk sebanding dengan jasa beliau terhadap gue. Nothing. Gak ada apa-apanya.

Di usia yang sudah tidak muda lagi, gue ngerasakan hal-hal yang mungkin berdampak pada konstruksi pemikiran gue yang agak ruwet sedikit. Masih ada sisa rasa perasaan bersalah karena dulu-dulu-nya gue pernah punya trauma yang tak seorang pun tahu apa itu, tidak juga disini. Merahasiakan dari semuanya termasuk dari beliau sungguh-sungguh melelahkan. 

Masa Kanak-kanak tidak lebih sebagai masa penggemblengan gue untuk menjadi sosok yang tangguh. Yang prosesnya ternyata kalo gue itung-itung membutuhkan waktu 12 tahun. SD-SMP-STM…. TAPI TUNGGU DULU… Jangan disalah artikan penggemblengan model apa yaa… BULLY… Titik.

Beberapa waktu yang lalu, gue sempat ngobrol ngalur ngidul sama ibuk. Beliau cerita banyak hal. Namun kebanyakan berbagi cerita tentang masa lalu (kecil) nya. Dan juga saat-saat menjalani biduk rumah tangga dengan suaminya (bapak gue). Ternyata banyak fakta yang terungkap. Sehingga gue terpaksa mengambil kesimpulan, mengapa dia bisa menjadi ibuk gue seperti yang sekarang. Masa kecilnya bener-bener suram. Semakin suram ketika dia dijodohkan (awal)nya dengan bapak gue. Bagaimana dia harus survive menghadapi model-model karakter baru di dalam hidupnya. Terutama menghadapi mertua dan ipar-iparnya.

Sempat kesal dan gereget mendengar ceritanya. Dari awal sampe akhir gue tak mendengar perubahan nada bercerita. Sepertinya ibuk sudah terbiasa dengan kesedihan yang telah diungkapkan kepada gue. Beliau malah menasehati gue supaya tidak terlalu vokal untuk menghadapi dedemitism yang menjadi faham dari dinasti asal bapak gue.

Well, hal yang patut gue syukuri, akhirnya ibuk bisa bercerita. Sempat dia berkata, bahwa tak pernah beliau dengan sesiapapun anak-nya menceritakan kisah kecutnya tersebut. 

Inilah, kadang kenakalan beliau sampai sekarang masih belum bisa gue terima, tetapi setelah mendengar kisah-kisah super-nya, gue jadi sadar. Setiap manusia punya cara sendiri-sendiri untuk menjadi kuat. Dan di balik itu semua, ada rahasia besar yang menanti gue. Sebuah rahasia.

  

~ by Imamie on July 30, 2015.

Leave a Reply

 
