Film ::: Dog Day Afternoon(1975)

“Kiss me. When I’m being fucked, I like to get kissed a lot.”   – Sonny.

 Sampai sekarang gue masih belum tahu, kenapa film ini diberi judul seperti diatas. Dog day afternoon, apakah karena di film yang settingnya berlangsung satu hari ini terlalu banyak sumpah serapahnya yang dilontarkan Sonny Wortzik(Al Pacino). Entah lah, yang pasti, gue cukup bisa sabar menikmati film yang durasinya kurang lebih 2 jam. Malahan, bisa dibilang, ini film penuh dengan keringat, membuat gue merasa lapar dan ketakutan karena seakan-akan disandera oleh Al Pacino. Yang dalam waktu bersamaan pun membuat gue jatuh cinta kepadanya. Culik gue, bawa gue bersamamu, ke Aljazair….

Al Pacino sepertinya terlahir dengan kharisma yang cakep-cakep nyebelin tapi ngangenin. Baru kali ini, gue menikmati filmnya pada saat dia berusia muda. Ya kalau dibandingkan dengan aktor sekarang, mungkin seumuran dengan Liam Hemsworth, atau bisa jadi lebih muda. Setidaknya, tulisan ini gue tulis, dia sudah berumur sekitar 75 tahunan.

Cerita berkisah pada sore hari di sebuah bank kecil di sudut kota Brooklyn, New York. Tidak ada yang menyangka bahwa telah terjadi perampokan bank oleh Sonny dan Sal (John Cazale). Awalnya mereka bertiga, rupanya salah satu diantaranya memilih mengundurkan diri. Sehingga cuman mereka berdua yang terus melanjutkan aksi perampokannya. Yang pada akhirnya, rencana demi rencana pelan-pelan berubah. Para sandera yang semula ketakutan, pelan-pelan memahami karakter Sonny. Secara tidak mereka sadari muncul rasa simpatik pada para perampok tersebut. Terjalin lah komunikasi janggal yang memutar balikkan nurani. Pasifnya Sal, dan Carut marutnya otak pikiran Sonny menjadi konflik tersendiri untuk film yang ternyata berdasar dari kisah benar. Hingga gue digiring pada ujung film yang membuat gue nangis absurd. Apakah gue harus bangga dengan keberanian Sonny? Atas pilihannya? Yang dipertengahan film gue dikejutkan dengan fakta menarik bahwa Sonny adalah penganut pemahaman Sexual fluidity.

Film ini dengan maskulinitasnya mengungkap tema homoseksual secara implisit. Dibahas untuk tidak dibahas. Ditempel tetapi tidak untuk menempel. Tapi justru bahasan dan tempelan ini yang menjadi inti cerita  di sepanjang film.

Dan pastinya, film ini tentu saja akan sangat dimungkinkan untuk menjadi kontroversial dijamannya. Well, jangan berharap nemu adegan kissing atau ml-nya Al Pacino dengan laki-laki atau dengan transgender/transeksual. Walaupun sepanjang film selalu dihiasi polisi, gue menganggap bahwa Dog Day Afternoon adalah film drama, bukan film Action.

 Kita bakal banyak menemukan sindiran-sindiran khas Amerika di film ini. Dan yang patut digaris bawahi perihal isu homoseksual-nya. Bagaimana pada tahun 1975, isu LGBT tidak seperti sekarang, di Amerika masih diperjuangkan dan bisa jadi sudah banyak memakan korban atas nama diskriminasi dan ketidak-adilan terhadap kelompok LGBT. Bahkan Sal sendiri, yang notabene menjadi partner in crime (dalam arti sebenernya) Sonny, menolak keras bila disebut media/pers sebagai homoseksual sama seperti Sonny. Dan benar. Karakter Sal entah kenapa mengingatkan gue pada karakter Anton Chigurh di film No Country for Old Men(2007). Namun yang menjadi pertanyaan gue sekarang, berarti ada semacam legalisasi terselubung terkait pernikahan sesama jenis yang dilakukan oleh Sonny dan Leon(yang sudah dinikahi Sonny) Atau kah pernikahan tersebut hanya rekayasa? Hanya Sonny asli yang tau.

 Pada akhirnya gue tersadar, Al Pacino di saat masih muda ternyata sangat charming dan keren abiss… Mungkin setelah film ini, kayaknya gue bakalan hunting film-film dia. Tentu saja pas dia masih muda. Gue rasa, kayaknya film ini menjadi pioneer film-film yang bertema perampokan. Yang pasti film ini bakal akan terasa berbeda, bila gue nontonnya disaat film rilis awal. Two thumbs buat akting menawannya Al Pacino…… Salut untuk Sidney Lumet atas penyutradaraannya… (4/5)

~ by Imamie on December 11, 2015.

Leave a Reply

 
