Dear Diary: Hari ini tentang Tere Liye

Ada tagline…. “Diangkat dari karya penulis best seller, Tere Liye…..” Di sebuah promo film Indonesia. Kemudian penasaran lah, siapa Tere Liye? Tere yang penyanyi itu bukan sih? Bukan, Tere yang penyanyi belum pernah bikin buku yang best seller. Alhasil, ternyata baru ngeh, bahwa selama ini nama Tere Liye berserakan di rak-rak toko buku. Entah trilogi atau berapalogi, banyak banget. Berhubung gue, yang ada bukan takjub, malah nyinyir yang muncul. “Paling juga isinya yang begitu-begitu…” Ngomongnya gak di dalam hati, tapi di depan muka temen gue. #beberapatahunyanglalu
Jauh sebelum namanya sering muncul di wall facebook orang-orang, hingga kini, bagi gue, nama Tere Liye itu terdengar “kemenyek” kalo emak gue bilang. Atau “Mbelenek”. Entah lah. Mungkin ini yang dinamakan kebencian yang tidak mendasar. Tapi berhubung gue orangnya males cari gara-gara ya biarin aja. Asal gak sok iye aja…
Eh lah dalah…. Lah kok ternyata, seorang penulis dengan nama pena Tere Liye yang sok iye koar-koar di dinding fesbuknya, menebarkan paham mbelgedhesnya, yang mengatakan ini dosa itu haram, harusnya begini, yang begitu gak bener lah… Wah wah wah… Waiki…. 
Opo karena punya umat yang setia (dan diprediksi akan terus bertambah) dan rela merogoh kocek yang tidak seberapa untuk membeli buku-bukunya, dia bisa dengan seenak &$t$#nya berseloroh bahwa kita (yang lagi pengen belajar banget) harus manut dengan sejarah yang ada. Dengan sejarah yang sudah tersusun rapi di rak-rak bekas orde baru. Sementara buku-buku “ajaib” yang katanya memiliki kekuatan hitam, gak usah dipelajari. Itu terlalu kekinian. Dalam kata lain bentuk pemberontakan! Untuk sejarah, terima sajalah. Kurang lebihnya (memang gue lebihkan) begitu yang dia selatankan (terlalu cantik kalo gue pake kata utarakan).
Terus gue harus duduk manis gitu, sambil baca buku dia, dengan berharap gue mewek hingga mata nangis darah…? Tintaaa!!!!

~ by Imamie on March 1, 2016.

Leave a Reply

 
